(0351) 471927

KENALI 10 Gejala dan Tanda Awal Penyakit Diabetes Melitus

Kategori : Tips Kesehatan || Post : admin || Tanggal : 2017-05-06

Apa itu Diabetes?

Diabetes adalah suatu kondisi dimana glukosa darah, atau yang biasa disebut dengan gula darah, dalam tubuh anda terlalu tinggi. Glukosa darah adalah salah satu jenis dari gula yang ditemukan di dalam darah dan bermanfaat sebagai sumber energi utama. Glukosa berasal dari makan yang anda makan, ia juga dibuat di dalam hati dan otot. Darah di dalam tubuh membawa glukosa ke seluruh sel-sel tubuh untuk menggunakan energi.

Pankreas, organ yang terletak diantara perut dan tulang belakang yang membantu proses pencernaan, melepaskan hormon yang disebut dengan insulin ke darah anda. Insulin membantu membawa glukosa darah ke seluruh sel tubuh anda. Terkadang, tubuh anda tidak cukup untuk membuat insulin atau insulin tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kemudian, glukosa hanya akan berada di dalam tubuh anda an tidak dapat menuju sel-sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah anda menumpuk dan menjadi terlalu tinggi, sehingga dapat menyebabkan apa yang disebut dengan diabetes atau pradiabetes. Bahkan, kelebihan gula darah untuk jangka panjang ini akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.

Apa itu Pradiabetes?
Pradiabetes adalah kondisi dimana jumlah glukosa di dalam darah berada di atas normal tetapi belum cukup untuk disebut dengan diabetes. Pradiabetes meningkatkan resiko anda untuk terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke. Namun, anda bisa mencegah diabetes tipe 2 ini dengan mengurangi beberapa aktivitas berat dan beralih ke aktivitas yang lebih ringan. Kadar gula darah anda pun bisa kembali normal, bahkan tanpa konsumsi obat-obatan.

Lalu, Apa Saja Gejala dan Tanda Awal Penyakit Diabetes Melitus itu?

Berikut beberapa Gejala dan Tanda Awal Penyakit Diabetes Melitus yang kami kutip dari E-Book Your Guide to Diabetes Type 1 and Type 2 dan kami kutip juga dari Everyday Health “7 Warning Signs of Type 2 Diabetes” :

1. Sering merasa haus.
Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan peningkatan produksi urin yang tinggi did dalam tubuh dan kebutuhan untuk buang air kecil semakin lebih sering. karena sering buang air kecil inilah yang menyebabkan anda kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi. akibatnya, mulut anda kering dan sering merasa haus.

2. Sering buang air kecil.
Ketika ada kelebihan glukosa di dalam darah, ginjal bereaksi dengan menyiram glukosa dari dalam darah dan ke dalam urin. Hal ini menyebabkan produksi urin menjadi lebih banyak dan kebutuhan untuk buang air menjadi lebih sering.

3. Berat badan turun secara tiba-tiba.
Diungkapkan oleh Daniel Einhorn, Direktur medis dari Scripps Whittier Diabetes Institute, orang yang terkena diabetes, sel-sel didalam tubuhnya tidak cukup untuk mendapatkan glukosa dan hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan. Buang air kecil terlalu sering karena diabetes pun memicu anda kehilangan banyak air dan kalori, ini juga menjadi penyebab penurunan berat badan.

4. Cepat merasa lapar.
Menurut Fernando Ovalle, Direktur University of Alabama, orang dengan diabetes biasanya mengalami resistensi insulin, yang berarti tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel tubuh. Pada orang penderita diabetes tipe 2, insulin tidak bekerja dengan baik di otot, lemak dan jaringan yang lain, sehingga pankreas (organ yang membuat insulin) bekerja lebih ekstra dan mencoba untuk mengeluarkan lebih banyak insulin dan hal ini menyebabkan tingkat insulin menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya.

5. Kaki mati rasa (kesemutan).
Menurut Ovalle, seiring berjalannya waktu, kontak yang terlalu lama yang diakibatkan kadar gula darah yang tinggi, ternyata dapat merusak saraf di seluruh tubuh. Kondisi ini sering disebut dengan neuropati diabetes. Beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala ini, namun yang paling umum adalah rasa mati rasa, kesemuta dan nyeri yang timbul. Gejala ini biasanya diawali dari kaki kemudian baru ke bagian tubuh bagian atas. Secara umum, diabetes tipe 2 diderita oleh orang yang berumur 25 tahun atau lebih, namun ternyata gejala ini dapat juga terjadi pada mereka yang terkena pradiabetes.

6. Sering terjadi infeksi.
Ketika kadar gula darah anda tinggi, maka bakteri akan cepat dan mudah berkembang biak. Menurut Einhorn, wanita yang mengidap diabetes tipe 2 akan lebih rentan terhadap infeksi vagina. Infeksi umum dari gejala diabetes juga bisa menyerang kaki termasuk kulit, pembuluh darah dan saraf.

7. Pandangan mata kabur.
Lensa mata merupakan salah satu selaput atau membran yang fleksibel yang dikendalikan oleh otot-otot. Otot-otot inilah yang mengubah bentuk lensa agar mata dapat fokus. Pada penderita diabetes dimana kadar gula darah tinggi, ini mempengaruhi kemampuan lensa untuk menekuk atau berubah. Meskipun lensa tidak rusak, tetapi otot-otot mata harus bekerja lebih keras untuk bisa memfokuskan mata. Penglihatan mata kabur terjadi ketika ada perubahan yang cepat didalam gula darah (dari rendah ke tinggi atau tinggi ke rendah), dan otot mata belum dapat menyesuaikan.

8. Luka sukar sembuh.
Sama dengan sering terjadi infeksi, maka akan memakan waktu lama bagi luka pada penderita diabetes untuk sembuh. Tingkat glukosa yang tinggi mempengaruhi kinerja sel-sel darah putih yang bertanggung jawab untuk proses penyembuhan luka menjadi tidak berfungsi dengan baik.

9. Cepat merasa lelah.
Cepat merasa lelah diakibatkan karena ketidakseimbangan kadar glukosa darah dengan jumlah dan efektivitas insulin yang tersebar. Pada diabetes tipe 1, kadar glukosa darah menjadi tinggi walaupun kadar insulin mencukupi dan pada diabetes tipe 2, insulin tidak bekerja dengan efektif. Untuk memberikan energi pada tubuh, maka dibutuhkan insulin untuk mengangkut glukosa dari dalam darah ke sel-sel tubuh yang akan digunakan sebagai sumber energi. Ketika insulin tidak dapat bekerja secara efektif, itu berarti gula tidak dapat masuk ke dalam sel-sel tubuh karena itulah sel-sel tubuh tidak dapat menerima energi yang dibutuhkan. Sebagai hasilnya, tubuh merasa cepat lelah.

10. Kulit kering dan gatal.
Kulit kering dapat terjadi sebagai akibat dari kadar glukosa yang tinggi. Ketika kadar glukosa tinggi, maka tubuh akan berusaha untuk menghilangkan kelebihan glukosa dari dalam darah dengan cara meningkatkan prdouksi urin sehingga muncul gejala sering buang air kecil. Karena sering kehilangan cairan tubuh inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit kering juga dapat disebabkan oleh neuropati (kerusakan saraf) yang mempengaruhi kelenjar yang memproduksi keringat. Akibat kerusakan ini maka produksi keringat akan menurun dan menyebabkan kulut kering, pecah-pecah. Perlu anda ketahui bahwa udara kering dan mandi dengan air panas dapat memperburuk kulit kering anda. Umumnya, kekeringan kulit ini berhubungan erat dengan gangguan kulit juga seperti gatal, pecah-pecah dan mengelupas. Apabila terjadi gatal dan anda menggaruknya, ini akan menimbulkan infeksi pada kulit.

PENTING!! Hati-hati jika anda mengalami gejala di atas. Waspadalah!

Segera konsultasikan ke ahli kesehatan atau terapkan cara alami dengan mengonsumsi obat gula darah alami untuk mengatasi permasalah gula darah tinggi anda sebelum terlambat.

Salam sehat.